Gambar
Har 1 - Urgensinya Berdoa 2021-11-28 14:09:00 Admin

“Apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya” (Lukas 11: 13).

Suatu Tugas yang Berat

Populasi dunia sedang meledak. Data populasi terakhir mengungkapkan bahwa dunia kita memiliki 7,8 miliar manusia yang berkerumun di bola dunia yang berputar, yang disebut Bumi ini, saat terlontar melalui ruang angkasa dengan kecepatan 107.826 kilometer per jam. Dengan rata-rata 385.000 bayi yang dilahirkan setiap hari, atau 140 juta setiap tahun, kita bertanya-tanya bagaimana kita dapat menjangkau dunia ini dengan kabar baik Injil dan kedatangan Yesus yang segera terjadi. Dalam setiap tahun, jumlah orang yang dilahirkan tujuh kali lipat lebih banyak daripada jumlah anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh saat ini.

Atau pikirkan tantangan tersebut dengan cara yang lain. Kota-kota dunia berkembang dengan sangat cepat. Setidaknya ada 548 kota dengan jumlah populasi satu juta penduduk atau lebih. Banyak dari antara kota-kota ini berada di negara-negara di mana Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh hanya memiliki sedikit sekali anggota. Tugas berat untuk menjangkau dunia ini dengan pekabaran tiga malaikat terbentang luas di hadapan kita. Jutaan orang sekarat tanpa Kristus dan suatu pengetahuan kabar baik keselamatan dan pengharapan akan kedatangan-Nya yang kedua kali. Tugas yang ada di hadapan kita terlihat mustahil—dan hal ini seharusnya mendorong kita untuk bertelut dalam doa yang sungguh-sungguh.

Melalui Kuasa Roh Kudus

Tidak ada satu pun dari banyaknya upaya manusia dapat menjangkau dunia kita untuk Kristus. Rencana-rencana manusia tidak berkuasa apa pun, kecuali jika rencana-rencana itu diperlengkapi dengan Roh Kudus. Hanya melalui kuasa Roh Kudus, dunia ini dapat dijangkau dengan pekabaran akhir zaman dari surga. Hanya melalui kuasa Roh Kudus, jutaan penduduk di kota-kota besar dunia dapat dijangkau. Hanya melalui kuasa Roh Kudus, penduduk di negara-negara yang belum dimasuki karena menolak Injil, dapat dijangkau. Hanya melalui kuasa Roh Kudus, komunitas kita dapat dijangkau. Dan kabar baik yang luar biasa adalah bahwa Tuhan sudah siap bekerja di tempat-tempat yang “sulit dijangkau” ini. Ia mengundang kita untuk mencari-Nya agar memperoleh kuasa dalam menyelesaikan tugas yang ada di hadapan kita.

Berapa Banyak Lagi

Yesus berkata, “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di surga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya” (Lukas 11: 13). Perhatikan ungkapan “apalagi” [“how much more” dalam bahasa Inggris, artinya: berapa banyak lagi] dalam ayat ini. Yesus rindu untuk melakukan lebih banyak bagi kita secara pribadi dan lebih banyak bagi gereja-Nya daripada yang dapat kita bayangkan. Ia mendesak kita untuk meminta Roh Kudus, untuk memohon Roh Kudus, untuk mencari berkat dari Roh dengan segenap hati kita—bukan karena Ia tidak bersedia memberikannya, tetapi karena kita yang tidak siap untuk menerimanya. Saat kita memulai Sepuluh Hari Berdoa pada tahun ini, marilah kita meminta penggenapan janji ini bersama-sama.

“Janji pencurahan Roh Kudus tidak dibatasi oleh umur atau ras. Kristus menyatakan bahwa pengaruh surgawi Roh Kudus akan ada dengan pengikut-pengikut-Nya sampai akhir masa. Sejak hari raya Pentakosta hingga saat ini, Penghibur itu telah diutus kepada semua orang yang menyerahkan diri mereka sepenuhnya kepada Tuhan dan kepada pelayanan-Nya” (The Acts of the Apostles, hlm. 49).

Mari kita berdoa bersama-sama.

Waktu Doa (30–45 Menit)

Kesaksian dari Sepuluh Hari Berdoa 2021

“Saya bersyukur untuk Sepuluh Hari Berdoa. Saya merasa seperti ada api yang dinyalakan kembali dalam diri saya. Saya melewatkan lebih banyak waktu membaca Alkitab dan bersama dengan Tuhan… Saya bersyukur dan memuji Tuhan karena telah membuka mata saya, hati saya, dan pikiran saya untuk menerima Yesus dan Roh Kudus sepenuhnya di dalam hidup saya” (Constance)

Suatu Janji yang Penuh Kuasa

“‘Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di surga. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka” (Matius 18: 19, 20). ‘Mintalah kepada-Ku, dan Aku akan menjawab permintaanmu.’ Janji itu diberikan dengan kondisi bahwa anggota-anggota gereja bersatu menaikkan doa, dan sebagai jawaban terhadap doa-doa ini dapat diharapkan suatu kuasa yang lebih besar daripada jawaban tas doa pribadi. Kuasa yang dicurahkan akan sepadan dengan persatuan anggota-anggota dan kasih mereka kepada Tuhan dan terhadap satu sama lain” (Ellen G. White, Manuscript Releases, jld. 9, hlm. 303).

Semua kelompok doa memiliki cara yang berbeda-beda untuk berdoa bersama. Kami mendorong Anda untuk menyediakan waktu 30-45 menit berikutnya untuk doa persatuan, dalam cara apa pun yang dituntun oleh Roh Kudus. Di bawah ini ada beberapa contoh berdoa dengan menggunakan Kitab Suci. Anda dapat berdoa dengan kutipan-kutipan lainnya juga. Lihatlah Panduan Pemimpin untuk ide-ide doa yang lain.

Berdoa dengan Firman Tuhan—Lukas 11: 13 “Apalagi Bapamu yang di surga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya”

“Berapa Banyak Lagi”

Tuhan, Engkau baik. Engkau menginginkan kebaikan bagiku, lebih daripada orang tua yang paling mengasihi sekalipun. Engkau mengenalku sampai kedalaman hatiku, dan hanya Engkau saja yang mengerti bagaimana untuk memperbaharui, memulihkan, dan mengubahku.

“Roh Kudus”

Yesus, terima kasih untuk janji pencurahan Roh Kudus. Roh Kudus membawa berkat-berkat dari Tuhan ke dalam kehidupan kami. Ia memuliakan-Mu di dalam hati kami. Ia membawa berkat keselamatan yang Engkau kerjakan di Kalvari ke dalam kehidupan kami. Terima kasih untuk karunia ini!

“Mereka yang meminta kepada-Nya”

Bapa, aku meminta penggenapan janji-Mu dalam Lukas 11: 13 pada hari ini. Setiap hari, aku akan bersukacita meminta Engkau memenuhi kehidupanku dengan kehadiran dan kuasa Roh Kudus. Tolong singkirkan semua hal dari hidupku yang menjadi penghalang penyerahan sepenuhnya kepada-Mu. Baptiskanlah aku dan jemaatku dengan Roh Kudus, agar kami dapat memuliakan Yesus di dalam dunia yang membutuhkan-Mu.

Saran Doa Lainnya

Ucapan terima kasih dan pujian: Bersyukur atas berkat yang spesifik dan puji Allah karena kebaikan-Nya. Pengakuan Dosa: Luangkan waktu beberapa menit untuk pengakuan dosa pribadi dan berterima kasih kepada Allah atas pengampunan-Nya.

Tuntunan: Mintalah kepada Tuhan untuk memberikan hikmat untuk menghadapi tantangan dan membuat keputusan saat ini.

Gereja kita: Berdoa untuk kebutuhan-kebutuhan gereja lokal, regional, dan sedunia (lihat Lampiran Permohonan Doa Gereja Sedunia).

Permintaan Lokal: Berdoa untuk kebutuhan anggota gereja, keluarga, dan tetangga saat ini.

Mendengarkan dan Sambutan: Luangkan waktu untuk mendengarkan suara Tuhan dan sambutlah dengan pujian atau lagu.

Usulan Lagu

“Datanglah Ya Roh Allah” (LSEL 524); “Sungguh Indah Roh Suci” (LSEL 195);

“Bak Wanita di Sumur” (LSEL 417); “Inilah Jam Ku Berdoa” (LSEL 433)

Lagu Lainnya: “Come, Holy Spirit” (SDA Hymnal #269)

Eden Way Radio
play_arrow