Gambar
10 PERINTAH ALLAH: 10 JANJI PERNIKAHAN ILAHI, PART 01 - HUKUM ITU 2022-05-02 15:56:29 Admin

Pendahuluan:

Ketika kita melihat pada waktu Tuhan memberikan 10 Perintah Allah kepada nabi Musa yang kemudian diberikan kepada Bangsa Israel, ketika Tuhan telah memberikan Hukum Itu, orang Israel menjawab dengan Komitmen mereka untuk melakukan Hukum Itu. Ketika kita melihat hal seperti ini, kita dapat melihat seperti sebuah Janji Pernikahan antara mempelai. Untuk itu, pada seri Sepuluh Janji ini, kita akan melihat bagaimana 10 Perintah Allah kepada nabi Musa itu memiliki makna yang sangat mendalam yang berhubungan dengan Hubungan antara Allah sebagai Mempelai Pria dan Jemaat sebagai Mempelai Wanita. Kita dapat melihat Hukum Itu sebagai 10 Janji Pernikahan antara Allah dan Umat-Nya. Ikuti Seri Pembahasan 10 Janji ini yang dibawakan oleh Dr. Ronald Robin. Semoga menjadi berkati bagi Saudara sekalian.

Pembahasan

Mungkin kita sedang berpikir atau bertanya-tanya, untuk apa kita mempelajari 10 Janji itu? Apakah ada hal baru yang belum kita ketahui? ataukah ada yang terlewatkan saat kita membaca dan belajar Alkitab? Dalam 1 korintus 8:2 “Jika ada seorang menyangka, bahwa ia mempunyai sesuatu pengetahuan, maka ia belum juga mencapai pengetahuan, sebagaimana yang harus dicapainya” Alkitab mengingatkan kita dari ketinggian hati kita bahwa ketika kita berpikir kita mengetahui semuanya, ternyata kita tidak mengetahui apapun, masih banyak hal lagi yang perlu kita ketahui. Ellen G. White mengatakan dalam sebuah buku bahwa setan menekan di setiap sisi, dan kecuali kita mengawasinya, dan membuka mata kita terhadap perangkat dan jeratnya, dan memiliki seluruh perlengkapan senjata Allah, anak panah api dari orang jahat akan mengenai kita.

Ada banyak kebenaran berharga yang terkandung dalam firman Tuhan, tetapi kebenaran masa kini itulah yang dibutuhkan kawanan domba sekarang. Cerita tentang Nuh, ketika Nuh berbicara kepada orang-orang di zaman itu bahwa akan ada sebuah gangguan yang akan datang, itu adalah kebenaran pada zaman itu, dan saat ini ada kebenaran yang kita butuhkan yang perlu diingatkan kembali kepada kita. Ellen G. White dalam Tulisan-tulisan permulaan; Tempat kudus sehubungan dengan 2300 hari, Hukum Allah, dan Iman Yesus merupakan kebenaran yang dibutuhkan umat Tuhan pada zaman ini. Tapi dalam kutipan Ellen G. White pula ia melihat bahwa banyak pembicara-pembicara yang lari dari poin-poin penting pekabaran kebenaran saat ini, dan setan mengambil keuntungan dari keadaan tersebut. Itu sebabnya kenapa kita belajar tentang 10 Janji, di mana ini merupakan salah satu dari kebenaran yang dibutuhkan oleh umat Tuhan saat ini.

Kita akan belajar bahwa 10 Hukum Tuhan merupakan 10 Janji-Nya. Mazmur 119:97 “Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungknnya sepanjang hari.” Seberapa banyak kita mencintai Firman Tuhan itu? Seberapa besar kerinduan kita untuk mendengar Firman Tuhan? Harapan kita bahwa kita akan sangat mencintai Firman Tuhan itu ketika kita belajar tentang seri 10 Janji.

Ketika berbicara 10 Hukum Tuhan, yang kita ketahui bahwa kita akan belajar Keluaran 20, tapi kita tidak tahu bagaimana latar belakang ketika 10 hukum ini diberikan Tuhan. Tuhan menuntun bangsa Israel untuk keluar dari Tanah Mesir dan Tuhan membawa mereka ke Gunung Sinai. Tuhan memanggil Musa untuk naik ke Gunung Sinai, dan membuat janji yaitu 10 Hukum Tuhan. Keluaran 19:10 “Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: “Pergilah kepada bangsa itu; suruhlah mereka menguduskan diri pada hari ini dan besok, dan mereka harus mencuci pakaiannya ”. Tuhan mau mereka menguduskan diri dalam 2 hari, Tuhan mau mereka mengambil waktu menyiapkan diri untuk menerima hukum Tuhan. Tuhan mengatakan kepada Musa bahwa mereka harus mencuci pakaian mereka, seperti yang kita ketahui bahwa pakaian merupakan simbol dari karakter.

Tuhan berkata kepada Musa persiapkan Bangsa Israel selama dua hari karena Tuhan tahu bahwa Bangsa Israel pada saat itu tidak siap untuk menerima Janji Tuhan. Patriarchs and Prophets 303.5 “Selama dua hari itu semua orang harus memakai waktunya dalam persiapan yang khidmat untuk menghadap Allah. Diri dan pakaian mereka harus dibersihkan dari kekotoran. Dan apabila Musa menunjukkan dosa-dosa mereka, mereka harus merendahkan hati, berpuasa dan berdoa agar hati mereka dapat dibersihkan dari kejahatan.” Kita akan belajar betapa pentingnya mempersiapkan hati untuk menerima 10 Hukum Tuhan, dunia saat ini menolak 10 Hukum Tuhan ini karena dunia tidak pernah mempersiapkan hati untuk menerima 10 Hukum Tuhan.

Kita perlu mempersiapkan hati kita untuk bisa menerima 10 Hukum Itu dan sebelum kita memasuki pembahasan tentang 10 Hukum Tuhan, Kita akan mempersiapkan diri kita, sehigga ketika kita belajar tentang 10 Hukum Tuhan kita bisa menyadari setiap dosa-dosa kita, kita akan melihat bagaimana kejinya dosa itu, kita dapat menyadari kesalahan-kesalahan kita di hadapan Allah. Allah telah menjadikan kita sebagai anak-anak Allah sebagai penjaga dan pemelihara Hukum-Nya, tapi kita yang melanggar Hukum-Nya, Allah telah memberikan kita barang titipan yang suci tapi kita yang merusaknya. Oleh sebab itu, kita perlu 2 hari untuk mempersiapkan diri, berdoa dan berpuasa.

Ketika bangsa israel mengambil waktu 2 hari untuk mempersiapkan diri merenungkan kemuliaan, kesucian dan rahmat Tuhan mereka dapat melihat kemuliaan hadirat Tuhan, mereka dapat melihat Tuhan dengan Jelas. Selama 2 hari ke depan kita perlu mengambil waktu untuk memisahkan diri dari dunia, kita merenungkan kasih dari pada Tuhan, kita mulai untuk memahami Tuhan agar kita dapat melihat Kemuliaan Tuhan dengan jelas.

Demikianlah pembahasan pada bagian yang pertama tentang Hukum Itu, yaitu 10 perintah Allah kepada nabi Musa yang telah diteruskan kepada orang Israel baik badani maupun kepada Israel rohani.

Untuk pembahasan dalam bentuk Video, Anda dapat menontonnya di bawahan ini:

Eden Way Radio
play_arrow